EDS BERBASIS SPMI

Bismillahirohmannirrohim…pertama-tama marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang selalu senantiasa memberikan nikmatnya kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU masih bisa di beri kesempatan untuk menyampaikan aspirasi-aspirasi di dunia maya ini didalam ranah lingkup dunia pendidikan. Sholawat serta salam tak henti-hetinya kita panjatkan selalu kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa zaman kegelapan menjadi zaman yang terang benderang seperti saat sekarang ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah adalah suatu kesatuan unsur yang terdiri atas organisasi,  kebijakan, dan proses terpadu yang mengatur segala kegiatan untuk meningkatkan mutu pendidikan dasar dan menengah yang saling berinteraksi secara sistematis, terencana dan berkelanjutan, sedangkan SPMI-Dikdasmen suatu kesatuan unsur yang terdiri atas kebijakan dan proses yang terkait untuk melakukan penjaminan mutu pendidikan yang dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dasar dan menengah untuk menjamin terwujudnya pendidikan bermutu yang memenuhi atau melampaui SNP.

Adapun prinsip-prinsip SPMI sendiri antara lain :
1.    MANDIRI
2.    TERSTANDAR
3.    AKURAT
4.    SISTEMIK DAN BERKELANJUTAN
5.    MENYELURUH/KOMPREHENSIF
6.    TERDOKUMENTASIKAN

Memetakan mutu pendidikan pada satuan pendidikan berdasarkan SNP melalui kegiatan evaluasi diri yang menghasilkan peta mutu (capaian standar), akar masalah yang dihadapi dan rekomendasi. Seluruh komponen satuan pendidikan dan pemangku kepentingan harus terlibat dalam pelaksanaan EDS. Pemetaan mutu dilaksanakan melalui kegiatan evaluasi diri sekolah (EDS) berdasarkan SNP. EDS dilaksanakan dengan langkah-langkah (1) Penyusunan instrumen (2) Pengumpulan Data, (3) Pengolahan dan analisis data, dan (4) Pembuatan peta mutu. Mekanisme pengumpulan data melalui pengisian instrumen dilakukan secara berkala setiap tahun oleh sekolah yang selanjutnya data yang telah terkumpul akan dianalisis menjadi peta mutu.

Teknik pengolahan dan analisis data yang akan dilakukan oleh sekolah harus sesuai dengan instrumen yang digunakan dan hasil yang akan di peroleh. Contoh jika sekolah menggunakan instrumen PMP sebagai alat pemetaan mutu, maka teknik pengolahan dan analisis data dapat diperoleh melalui rapor mutu secara online.

Dalam setiap tahun sekolah diharapkan mampu menghasilkan peta mutu sebagai hasil dari proses pemetaan mutu. Peta mutu yang dibuat sekolah sekurang-kurangnya mencakup peta capaian 8 SNP, masalah dan akar permasalahan, serta rekomendasi. Peta mutu ini selanjutnya akan menjadi data/dasar pengambilan kebijakan sekolah dalam menyusun rencana kerja sekolah. Peta capaian standar nasional pendidikan di satuan pendidikan, sebagai baseline, masalah-masalah yang dihadapi, rekomendasi perbaikannya.

Untuk lebih jelasnya penulis mencoba berbagi salah satu contoh EDS (Evaluasi Diri Sekolah) yang sudah berbasis SPMI, bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan file tersebut silahkan download link di bawah ini semoga bisa bermanfaat. Aamiinn


Download EDS Berbasis SPMI

Artikel Terkait :

0 Response to "EDS BERBASIS SPMI"

Post a Comment